Resiko Menabung Investasi di 3i Networks

Post a Comment
resiko menabung investasi 3i networks

Resiko Menabung Investasi di 3i Networks yang perlu anda ketahui


Dalam dunia bisnis investasi pastilah memiliki potensi resiko. Sebelum anda memutuskan untuk membeli produk tabungan investasi yang dipasarkan oleh 3i Networks, sangat di anjurkan untuk mengetahui terlebih dahulu apa sih resikonya.

Sebelum lanjut, sebaiknya anda pahami dulu apa itu 3i Networks. 3i Networks merupakan jaringan pemasaran dari PT Aj Central Asia Raya, sebuah perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan produk asuransi unit link melalui jaringan 3i Networks. Dalam dunia perasuransian, perlu anda pahami kalau terdapat yang namanya biasa akuisi, biaya perolehan atas polis yang akan dibebankan Perusahaan Asuransi kepada nasabah ketika membeli polis asuransi jiwa untuk mendapatkan fasilitas polis.

Pengertian sederhananya, biaya yang tidak bisa diambil nantinya oleh nasabah. Di semua perusahaan asuransi pasti ada yang namanya biaya akuisi, bedanya di presentasenya saja. Dan menurut informasi yang didapat, biaya akuisi dari CAR Life adalah yang paling rendah diantara perusahaan lainya.

Perbandingan biaya akuisi Bisa lihat tabelnya dibawah ini

Perbandingan biaya akuisi dengan perusahaan lain

Berikut adalah tabel biaya akuisi dari CAR Life Insurance

Biaya akuisi car life

Dengan melihat tabel perbandingan biaya akuisi diatas, biaya akuisi dari PT Aj Central Asia Raya atau biasa disebut CAR Life adalah yang paling rendah.

Kenapa Resiko menabung di 3i Networks  biaya akuisisi  bisa lebih rendah dibanding dengan Perusaan Asuransi yang lain?


Karena di Perusahaan asuransi CAR 3i-Networks tidak ada biaya untuk Rider (Asuransi Tambahan) seperti yang ada di Asuransi Jiwa pada umumnya. Sehingga biaya akuisisinya bisa lebih rendah.

Contoh gambaran sederhananya seperti ini:

Andi memutuskan untuk berinvestasi di 3i-Networks dengan membayar premi 1 juta/bulan. Selama bergabung, Andi sudah membayar premi selama 20 bulan, artinya uang yang sudah disetorkan Andi adalah 20 juta (1 juta x 20 bulan). Bulan ke 21, Andi memutuskan untuk tidak membayar premi lagi karena berbagai hal.

Karena Andi membutuhkan uang, Andi berniat mengambil dana yang sudah disetorkan ke PT AJ Central Asia Raya. Dana yang bisa diambil Andi tentu bukan 20 juta karena ada biaya akuisisi tadi. Dana yang bisa diambil adalah sebagai berikut:

Premi x Nilai Investasi = Nilai Tunai
Tahun pertama, biaya akuisisi 60%, biaya investasi 40% (Dana yang disetorkan pada tahun pertama sebesar 12 juta)
12 juta x 40% = Rp4.800.000,-

Tahun kedua , biaya akuisisi 25%, biaya investasi 75% (Dana yang disetorkan pada tahun kedua sebesar 8 juta)
8 juta x 75% = Rp6.000.000,-

Jadi, nilai tunai yang bisa diambil Andi adalah sebesar 4,8 juta + 6 juta = Rp10.800.000,- masih dikurangi biaya administrasi, materai dan lain-lain.

Rugikah menabung investasi di CAR 3i Networks


Lho, kalau gitu rugi dong, mending nabung di bank! Ingat, sudah kami jelaskan diawal, konsep menabung di 3i-Networks adalah menabung jangka panjang. Dalam hal ini, perusahaan juga menanggung risiko, misal jika Andi tutup usia pada bulan kedua pembayaran premi. Dana yang sudah disetorkan 2 juta, maka perusahaan akan membayar klaim sebesar 60 juta.

Selain itu, jika dana 20 juta dibiarkan di bank selama 20 tahun, nilainya akan tergerus oleh inflasi, sedangkan jika diinvestasikan akan mempunyai nilai yg lebih tinggi dibanding dengan dana yang telah disetorkan.

Nah seringnya nasabah tidak mendapatkan pengetahuan tentang biaya akuisisi dari agen asuransi. Asumsi nasabah, ikut asuransi sama halnya seperti menabung di bank, dana bisa diambil sewaktu-waktu. Begitu nasabah mengalami kendala keuangan dan tidak bisa melanjutkan bayar premi bulanan, mau ambil "tabungan"nya, ternyata tidak sesuai dengan nilai yang sudah disetorkan.

Jelas nasabah kecewa dan beranggapan telah dipermainkan oleh pihak asuransi. Nasabah yang menjadi korban karena tidak tahu risikonya dari awal. Bahkan di Perusahaan Asuransi yang menerapkan biaya akuisisi 100% di tahun pertama, jika nasabah ingin mengambil dananya di tahun pertama, jelas tidak bisa, karena memang tidak ada nilai tunainya.

Bijaklah mengambil keputusan, jika Anda memutuskan untuk bergabung di 3i-Networks untuk masa depan Anda dan keluarga Anda, maka sebaiknya selesaikan pembayaran premi sampai akhir kontrak, yaitu 5 tahun. Jika ditengah jalan Anda berhenti membayar dan tidak terjadi klaim, maka Anda sendiri yang rugi.

Pahami dan Pahamkan, jika belum juga paham bisa hubungi saya di NoWa.085269452753

Related Posts

Comments

Subscribe Our Newsletter